General Motors (GM) menjadi produsen khusus mobil kepresidenan Amerika Serikat

General Motors (GM) menjadi produsen khusus mobil kepresidenan Amerika Serikat, khususnya Cadillac sejak 1919 silam.
Salah satu cara yang dilakukan General Motors (GM) untuk memperingati "President Day" yang jatuh pada 20 Februari 2012 lalu adalah dengan merilis 10 daftar mobil Cadillac yang pernah dipakai para pemimpin di Amerika Serikat (AS). Cadillac merupakan salah satu kendaraan bersejarah GM, karena sudah sejak lama mobil ini menjadi brand kepercayaan pemerintahan Gedung Putih
. Sejarah kesuksesan GM pun tercermin melalui model produksinya berikut ini :
  1. Presiden Woodrow Wilson menggunakan Cadillac Seri 53 lansiran 1916 untuk berkeliling kota Boston. Hal tersebut dilakukan sebagai perayaan kemenangan Amerika Serikat di Perang Dunia I (1919). Mobil ini juga dipakai selama perang di Eropa karena kemampuan dan daya tahan mesin yang kuat. Selain itu, Cadillac 53 juga menjadi mobil bermesin V8 pertama yang diproduksi massal.
  2. Selanjutnya adalah mobil mewah berlabel Cadillac 341 (1928), yang dipakai oleh Calvin Coolidge. Mobil ini menggunakan mesin V8 berdaya 90 Hp yang memadukan transmisi manual tiga kecepatan. Pengerjaan Cadillac 341 pun dibuat dengan estetika seni yang dilakukan para ahli berpengalaman.
  3. Setelah penyerangan terhadap Peral Harbour, saat itu Franklin D Roosevelt menggunakan Cadillac Town sedan (1928) berlapis baja. Menurut cerita yang ada, mobil tersebut awalnya dimiliki oleh gangsterAl Capone.
  4. Pada tahun 1938, dua Cadillac convertible yang diberi nama "Queen Mary" dan Queen Elizabeth" dikirimkan ke pemerintah AS. Nama tersebut diambil dari sebuah kapal perang terbaik berukuran 21,5 meter yang dilengkapi dengan persenjataan minimal, jaringan radio dua arah dan sebuah generator besar. Kedua "Ratu" tersebut pun menemani Presiden Franklin D. Roosevelt, Harry S. Truman dan Dwight D. Eisenhower, selama masa jabatannya.
  5. Presiden Dwight D. Eisenhower yang merupakan pecinta mobil juga pernah mendapatkan model perdana Cadillac Eldorado. Mobil yang diproduksi pada tahun 1953 tersebut juga digunakan Eisenhower pada saat pelantikannya sebagai kepala Negara AS. Eldorado pun menjadi salah satu inspirasi dalam sejarah desain mobil pada masa itu, karena memiliki desain kaca depan tanpa bingkai pertama. Fitur ini pun lantas diadopsi pada model produksi lainnya.
  6. Kehadiran Cadillac convertible 1956 pun menggeser "dua ratu" sebelumnya. Queen Mary II dan Queen Elizabeth II pun bertugas menemani Eisenhower, dan kemudian dilanjutkan oleh presiden John F. Kennedy dan Lyndon B Johnson. Kedua mobil tersebut pun menyelesaikan tugasnya pada tahun 1968.
  7. Presiden selanjutnya, Ronald W. Reagan pun menerima dua buah limusin, Cadillac Fleetwood dan Fleetwood Brougham 1983. Namun masa jabatan Fleetwood tidak lama, karena pihak pemerintah menghentikan penggunaannya dengan alasan keamanan. Repilika Cadillac Fleetwood juga digunakan dalam film In The Line of Fire yang diperankan oleh Clint Eastwood.
  8. Era baru Cadillac dimulai pada tahun 1993. Kendaraan yang dipakai William J.Clinton pada waktu itu dimodifikasi oleh perusahaan Limousine. Begitu juga dengan kendaraan untuk Brougham. Cadillac membangun mobil kepresidenan Brougham yang dibangun lebih personal dan dilengkapi dengan sistem keamanan tertentu dan spesifikasi yang lengkap.
  9. Setelah tak lagi digunakan, Cadillac Fleetwood pun "disemayamkan" di Perpustakaan Ronald W. Reagan dan Museum di Simi Valley, California. Fleetwood juga ditempatkan di area pusat kepresidenan Clinton yang terletak di Little Rock, Arkansas.
  10. Kendaraan presiden terbaru adalah "Cadillac One" yang ditumpangi Obama saat pelantikan dirinya sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari 2009. Limusin yang memeliki nama seperti pesawat kepresidenan ini dibuat secara ekslusif untuk kepentingan Obama. Tak banyak orang juga yang tahu spesifikasi lengkap Cadillac One, selain tim perancangnya. Perbedaan yang signifikan adalah karena Cadillac One memiliki tampilan yang lebih kokoh daari pendahulunya. Cadillac One juga memiliki visibilitas yang lebih baik. (ary dwinoviansyah)

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.